Pengalaman di SMA sejauh ini.


Assalamu’alaikum. Wr. Wb.

   Lha ini cerita saya...,
Saya masuk SMA melalui jalur test RSBI. Setelah sekian lama menunggu akhirnya saya menerima pengumuman. Alhamdulillah saya diterima, saya merasa senang dan bangga. Setelah pengumuman saya dan orang tua saya mengurusi Administrasi. Rangkaian awal penerimaan siswa baru dimulai dengan Matrikulasi selama satu minggu . Dalam matruikulasi kami diberi materi MIPA. Setelah matrikulasi selesai, kami mengikuti Masa Orientasi Siswa dan Latihan Kedisiplinan.
            Dalam MOS kami diberi materi tentang, pengenalan sekolah, kepemimpinan dan motivasi. Setelah masa MOS berakhir kami mengikuti KBM seperti biasa, di Kelas X.RSBI.9. Hari demi hari kami jalani dengan baik, kami mendapatkan materi materi baru teantang pelajaran terutama MIPA, IPS dan Bahasa. Pelajaran yang sangat saya sukai yakni semua Pelajaran yang diajarkan di sekolah. 3bulan setelah mengenyam pendidikan di SMA kami harus melalui Ulangan Tengah Semester. Selama senminggu kami menjalani UTS dengan perjuangan tanpa lelah dan Penuh Semangat. Akhirnya dengan semua itu kami mendapatkan hasil yang cukup memuaskan. Saya mendapatkan rank 15 besar di kelas dan 115 besar pararel. Setelah itu semua berakhir kamipun mengikuti KBM seperti biasa.
            Di SMA saya juga mengikuti ekstrakurikuler diantaranya ada 3 ekstrakurikuler. Yakni Pramuka, PMR, dan ECSA. Pertama Pramuka, pramuka merupakan singkatan dari Praja Muda Karana. Menurut saya pramuka itu adalah “Organisasi bersifat nasional yang paling efektif untuk membentuk karakter pemuda bangsa, menuju masa depan Indonesia yang Maju, Sejahtera, dan Global. Melalui pendidikan kepanduan, kepemimpinan, dan kebersamaan.” Itulah alasan saya mengapa saya mengikuti ekstra Pramuka. Di Pramuka Smansa ini memiliki ambalan yakni Sambernyawa untuk Pramuka PA dan Nyi Ageng Serang untuk Pramuka PI. Di Pramuka kami diajarkan tentang SKT (Sistem kesatuan Terpisah), Sandi Morse, Baris – Berbaris, Keorganisasian, Arti Lambang Ambalan, dan Tanda pengenal dalam seragam pramuka. Selain itu Motivasi saya mengikuti Pramuka Memajukan Pramuka di SMA 1 Wonogiri, Mengembangkan diri, dan Mengumpulkan Bekal guna Saya nanti menjadi Relawan Kemanusiaan di Palestina.
            Yang kedua adalah PMR, atau juga dikenal denga Palang Merah Remaja. Di sini Kami diajarkan untuk menjadi Pemuda yang rela berkorban, tolong menolong, dan menjadi Pemimpin yang berlandaskan Peri Kemanusiaan. Selain itu kami diajarkan juga tentang P3K, Tagana, HPI, PRS, Kepemimpinan. Organisasi ini saya ikuti sebagai landasan saya ketika saya nanti menolong sesame di medan pertempuran Palestina.
Yang terakhir adalah ECSA also known as ( English Club of Smansa ) di sini kami diajarkan tentang penggunaan Bahasa Inggris dengan baik dan benar. ECSA ini di bentuk guna mempersiapkan Siswa bertaraf Internasional. ECSA menitik beratkan pada Debate dan Speech. Walaupun ekstra ini memiliki peminat yang kurang banyak tetapi di sini saya menemukan teman – teman yang memilik pemikiran yang sangat kritis dan berorientasi kedepan. Ekstra ini sebagai pelengkap dua ekstra saya di atas guna mempersiapkan menjadi seorang yang Berkomitmen tinggi pada Bangasa, Negara, Agama, dan Masyarakat. Baik Nasional maupun Internasional.
Itulah cerita saya di SMA sejauh ini, dalam tulisan ini saya juga ingin menyampaikan. Kita bersekolah adalah untuk mencari Ilmu, bukan untuk mencari Nilai. Sekian
Wassalamu’alaikum. Wr. Wb 

Komentar